Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ?

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ? Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua sendi di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit ini biasanya berisiko timbul setelah menopause.

Orang yang terkena serangan penyakit asam urat biasanya akan merasakan perkembangan gejala yang cepat dalam beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa berlangsung selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, namun juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah. Pada tahap ini, penderita dapat tidak mampu bergerak secara leluasa.

Di Indonesia, orang sering salah kaprah menyamakan penyakit asam urat (gout/pirai) dengan rematik. Padahal rematik adalah istilah umum yang dipakai untuk menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan. Penyakit asam urat (gout/pirai) hanya salah satu penyebab nyeri pada persendian. Mengenali gejala dan tanda pada gout dapat membantu seseorang membedakan dengan nyeri sendi yang disebabkan oleh kondisi lain.

Banyak orang mengira apabila kadar asam urat di dalam darah tinggi (hiperurisemia), maka akan terkena gout. Hal ini tidak benar, karena hanya sekitar 1/3 penderita hiperurisemia yang mengalami gout.

 

Penyebab penyakit asam urat

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ? Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Seseorang yang suka mengonsumsi makanan yang menyebabkan peningkatan asam urat  (contohnya jeroan, hidangan laut, daging merah) dan seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini bersifat genetik juga.

 

Diagnosis penyakit asam urat

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ? Temuilah dokter jika Anda merasakan gejala-gejala penyakit asam urat. Dalam melakukan diagnosis, dokter akan melakukan pemeriksaan atau tes untuk memastikan adanya kristal-kristal natrium urat pada persendian. Hal ini perlu dilakukan karena ada jenis penyakit lain yang bisa menyebabkan gejala menyerupai penyakit asam urat. Pemeriksaan kadar asam urat dalam darah juga biasanya dilakukan.

Sebelum melakukan tes, biasanya pertama-tama dokter akan bertanya mengenai:

  • Lokasi sendi yang terasa sakit.
  • Seberapa sering Anda mengalami gejala dan seberapa cepat gejala tersebut muncul.
  • Obat-obatan tertentu yang sedang Anda konsumsi.
  • Riwayat penyakit asam urat di keluarga Anda.

 

Penanganan penyakit asam urat

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ? Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali.

Untuk meringankan gejala penyakit asam urat, Anda bisa menempelkan kantong es pada bagian sendi yang terasa sakit. Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit, misalnya colchicine, OAINS (obat anti-inflamasi nonsteroid), dan obat-obatan golongan steroid.

Sedangkan untuk mencegah kambuhnya serangan penyakit asam urat, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kadar asam urat (misalnya allopurinol). Selain itu, Anda diharuskan untuk menjauhi makanan-makanan pemicu penyakit asam urat dan segera turunkan berat badan. Utamakan makanan rendah kalori untuk mendukung upaya mendapatkan berat badan ideal.

Kombinasi obat-obatan dari dokter serta perilaku hidup sehat umumnya terbukti ampuh dalam menurunkan kadar asam urat dan melarutkan kristal-kristal tajam yang telah terbentuk. Dengan kombinasi tersebut, maka diharapkan pasien penyakit asam urat tidak lagi mengalami kambuh.

 

Komplikasi penyakit asam urat

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ? Meski penyakit asam urat jarang menimbulkan komplikasi, namun tetapi patut kita waspadai. Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi, di antaranya:

  • Munculnya benjolan keras (tofi) di sekitar area yang mengalami radang.
  • Kerusakan sendi permanen akibat radang yang terus berlangsung dan tofi di dalam sendi yang merusak tulang rawan dan tulang sendi itu sendiri. Kerusakan permanen ini biasanya terjadi pada kasus penyakit asam urat yang diabaikan selama bertahun-tahun.
  • Batu ginjal yang disebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium di dalam ginjal

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ?

Tanaman Herbal Mujarab Untuk Mengobati Asam Urat

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ? Tanaman herbal untuk Asam urat (gout) merupakan sebuah penyakit yang dapat menimbulkan rasa nyeri bagi penderitanya, bahkan pada gejala umumnya akan mengalami pembengkakan dan rasa panas di area persendian. laki-laki usia lanjut lebih rentan terkena penyakit asam urat dibandingkan wanita. Penyakit ini memang tidak berbahaya, namun jika dibiarkan kondisinya sangat menyiksa karena akan menimbulkan rasa nyeri yang tertahankan.

Bagi Anda yang terserang penyakit asam urat, berikut Kami informasikan beberapa obat asam urat alami dari tumbuhan dan tanaman herbal yang sudah dipercaya sejak dulu untuk mengobati dan meringankan rasa nyeri karena asam urat.

  1. Meniran
    Meniran merupakan tumbuhan yang memiliki banyak kandugan senyawa seperti damar, tanin, hipofilantin, dan filantin. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengobati asam urat, rematik dan ginjal yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat. Bahkan tanaman ini juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit hepatitis dan infeksi saluran kencing.

Cara  membuatnya : Untuk mengobati asam urat dengan tanaman meniran cukup mudah, caranya cukup merebus meniran dengan satu gelas air, jika air sudah tersisa setengah gelas, angkat air rebusan dan masukkan ke dalam gelas. Biarkan ramuan alami tersebut dingin, kemudian baru diminum. Minum obat herbal meniran sebanyak 2 kali sehari.

  1. Daun Salam

Daun Salam juga bisa dijadikan obat herbal untuk mengobati asam urat. Sama seperti Meniran, daun salam juga memiliki kandungan Flavonoid, tanin, atsiri dan alkoloid. Untuk mengobati asam urat menggunakan daun salam, sebaiknya pilihlah daun Salam yang masih segar atau sudah dikeringkan. Daun salam berkhasiat sebagai peluruh kencing sebab Daun salam bisa memperbanyak urine, sehingga kadar asam urat dalam darah dapat menurun.

Cara membuatnya:

  • Rebus 10 lembar daun salam menggunakan air sebanyak 700cc
  • Kemudian tambahkan dengan setengah batang sere
  • Angkat rebusan tersebut setelah air sudah tersisa 200cc.
  • Biarkan ramuan dingin, kemudian minum ramuan tersebut dengan rutin minimal 1 gelas perhari atau 2 gelas.
  1. Sambiloto

Tanaman yang batangnya pahit ini memiliki Kandungan yang bermanfaat untuk memperlancar saluran air seni, Karena Pada sambiloto terkandung senyawa aldehid, flavonoid, keton, dan alkane. Tak hanya dapat mengobati asam urat, kandungannya juga bisa digunakan sebagai obat kencing manis, obat sakit perut dan mencegah pembentukan peradangan.

Cara membuatnya :

  • Siapkan Tanaman sambiloto sebanyak 10gr, 10gr daun komfrey, 1gram lada dan 10gr rimpang temulawak.
  • Cuci bersih bahan-bahan alami tersebut, kemudian rebus menggunakan 5 gelas air.
  • Biarkan semua bahan-bahan direbus sampai menyisakan 3 gelas air, lalu angkat, saring terlebih daulu kemudian masukkan ke dalam gelas.
  • Minum ramuan herbal Sambiloto secara rutin sebanyak 2 kali sehari.
  1. Kumis Kucing

Kumis kucing dipercaya masyarakat Indonesia sebagai peluruh air kencing yang bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat, sedangkan di India Kumis kucing digunakan sebagai obat rematik. Tanaman yang bersifat diuretik ini memang sejak dulu dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dengan cara mengeluarkannya melalui urine.

Bahan – bahannya :

  • Kumis kucing yang sudah dikeringkan sebanyak 10gram
  • Sawi tanah kering sebanyak 10gram
  • Jahe merah kering 15 gram
  • Meniran kering sebanyak 10gram
  • yang terakhir siapkan 10gram kapulaga kering

Cara membuatnya :

  • Terlebih dahulu memarkan jahe merah, kemudian semua bahan yang sudah dicuci bersih dicampur ke dalam satu wadah untuk direbus. Gunakan air rebusang sebanyak 1 liter air.
  • Biarkan rebusan air mendidih hingga menyisakan setengahnya, lalu angkat.
  • minum ramuan herbal alami tersebut secara rutin sebanyak 3 kali sehari dengan takaran 150ml atau sepermpat gelas.

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ?

Perlu diketahui, untuk menyembuhkan asam urat menggunakan obat-obatan herbal alami tidak dapat menyembuhkan dengan cepat, membutuhkan waktu dan penanganan yang rutin agar asam urat dapat diobati. jika Anda beranggapan tanaman herbal diatas dapat mengobati asam urat dengan cepat, maka anda salah besar. Jangan bergantung pada obat-obatan herbal jika asam urat semakin menyiksa, sebaiknya segera konsultasikan penyakit Anda dengan Dokter.

Apa itu Asam Urat ? dan Apa Obatnya ?

 

 

 

 

 

 

Untuk mengetahui Obat Herbal Asam Urat yang sangat bagus , Kini ada Firmax3 sudah dikemas dengan modern dan khasiat dari tumbuhannya tidak hilang, anda bisa melihatnya disini Obat Herbal Asam Urat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *